Langsung ke konten utama

Cara Mencegah Gangguan Sistem Pencernaan

Upaya Mencegah 

Tindakan pencegahan atau mencegah masalah kesehatan adalah lebih baik dan utama daripada mengobati. Sistem pencernaan atau dalam bahasa medisnya gastro intesnal sangat beresiko tinggi sebagai “port the entry-lubang masuknya” penyakit atau masalah dan gangguan kesehatan. Dari saluran atau sistem pencernaan inilah bisa menyebabkan timbulnya masalah dan gangguan kesehatan baik menyebabkan masalah kesehatan pada saluran pencernaan itu sendiri atau juga menjadi sumber penyebab masalah atau gangguan kesehatan yang lain. 

Berikut ini adalah tips untuk menjaga dan mencegah dari timbulnya penyakit atau gangguan kesehatan khususnya pada sistem pencernaan.

Oral hygiene atau kebersihan mulut.

Kebersihan mulut sangat berkaitan dengan beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang berhubungan dengan mulut dan gigi. Beberapa penyakit pada mulut dan gigi antara lain seperti karang gigi, infeksi gusi dan gigi, sariawan, dan lain-lain.

Untuk menjaga kebersihan mulut, beberapa tindakan atau usaha yang dapat anda lakukan antara lain :
  • Sikat atau gosoklah gigi anda secara teratur setelah makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi yang mengandung flourade.
  • Gunakan benang pembersih celah gigi atau dalam bahasa medisnya adalah dental floss
  • Lakukan kumur-kumur setelah anda memakan atau meminum minuman manis dengan menggunakan air putih.
  • Lakukan perawatan gigi
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur ke tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik gigi atau dokter gigi.
  • Kuatkan guzi di bawah geligi dengan cara mengurutnya dengan jari, kumur-kumur dengan air hangat dan dingin secara bergantian.
Pemilihan Makanan atau Nutrisi dalam Diet.

Asupan makanan yang anda makan akan menjadi sumber energi, sumber zat gizi bagi keperluan seluruh sistem tubuh untuk dapat berjalan dengan sehat dan optimal. Makanan sangat berkaitan dengan sistem pencernaan, dimana sistem inilah yang selanjutnya memproses makanan yang masuk.
  • Rencanakan makan dengan berpatokan pada 4 kelompok makanan dasar. Apabila bisa usahakan empat sehat lima sempurna.
  • Tambahkan buah-buahan bervitamin tinggi terutama untuk pencuci mulut. Misalnya apel, buah pir, dan lain-lain.
  • Hindarkan dari makanan yang dapat mengiritasi mukosa mulut dalam jumlah yang berlebihan. Misalnya tomat mentah, merica, dan lain-lain.
  • Hindarkan mengkonsumsi makanan yang diketahui dapat mengiritasi lambung. Misalnya makanan yang berbumbu pedas, kopi dan sejenisnya dalam jumlah banyak.
  • Tambahkan makanan yang berserat tinggi dalam pengaturan diet nutrisi anda seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh dan lain-lain.
  • Hindarkan makanan yang mungkin dapat menyebabkan keracunan. Misalnya mayones yang tidak didinginkan, makanan yang diisi cream, daging babi atau daging unggas atau daging lainnya yang tidak dimasak dengan matang, makanan kaleng yang dikemas, makanan yang basi, makanan yang sudah kadaluarsa.
  • Hindari minuman beralkohol. Hal ini dapat merusak dan mengiritasi lambung dan juga organ lainnya.
Penggunaan Tembakau
  • Jika anda tidak merokok, maka jangan sekali-kali mencoba merokok.
  • Jika anda adalah perokok tembakau, hindarkan kontak antara bibir dengan pipa yang panas secara terus-menerus. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada gigi.
  • Hindarkan mengunyah tembakau.
  • Jika anda perkok, kurangilah akitivitas merokok anda (jangan merokok terus menerus).
Pengelolaan Stress

Stress dapat berpengaruh pada meningkatnya asam lambung yang dapat mengiritasi lambung. Stress dapat juga menyebabkan nafsu makan menurun. Stress juga mempengaruhi hormon-hormon di dalam tubuh sehingga dapat berakibat pada ketidakseimbangan tubuh. Stress juga bisa berdampak pada penyakit fisik pada pencernaan seperti gastro enteritis atau maag, diare dan lain-lain

Kelola stress anda sebagai upaya preventif untuk mencegah timbul dan terjadinya gangguan atau masalah kesehatan pada saluran pencernaan anda dengan cara :
  • Apabila mungkin cari tahu penyebab stress anda dan lupakan penyebab stress tersebut.
  • Gunakan langkah-langkah untuk menurunkan respon stress ketika stress berlangsung. Misalnya dengan cara latihan relaksasi, tarik nafas panjang, dan lain-lain.
  • Usahakan untuk beristirahat secara teratur dengan cukup dan berkualitas sesuai dengan jumlah kebutuhan istirahat tidur.
  • Berkonsultasilah dengan ahli psikolog untuk mengatur dan memanajemen stress anda. Dokter ahli psikolog akan memberikan anda solusi terbaik dalam mengelola stess
Kesehatan saluran pencernaan merupakan salah satu sistem yang menopang kehidupan. Semua zat gizi yang masuk ke dalam tubuh berasal dari sistem saluran pencernaan. Oleh sebab itu lakukanlah tindakan pencegahan sekuat yang anda bisa agar dapat terhindar dari gangguan atau masalah kesehatan pada sistem saluran pencernaan yang dapat berdampak pada gangguan atau masalah kesehatan pada sistem tubuh yang lain.
http://e-medis.blogspot.co.id/2014/04/mencegah-gangguan-sistem-pencernaan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Getaran dan Gelombang dalam Teknologi

a. Ultrasonografi (USG) Pemanfaatan gelombang Ultrasonik dalam USG Seperti yang kita ketahui bahwa dibidang kedokteran, dikenal istilah Ultrasonography (USG). USG merupakan suatu metode diagnostik dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Sebelum membahas lebih jauh tentang USG, sebelumnya kita perlu mengetahui definisi darigelombang ultrasonic itu sendiri. Gelombang ultrasonic adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bias didengar oleh mausia, yaitu kira-kira diatas 20 kilohertz.  Dalam hal in gelombang ultrasonik merupakan gelombang diatas frekuensi suara. Gelombang ultrasonik dapat merambat dalam medium padat, cair dan gas. Reflektifitas dari gelombang ultrasonik ini dipermukaan cairan hampir sama dengan permukaan padat, tetapi pada tekstil dan busa dapat didengar, bersifat langsung dan mudah difokuskan. Kelebihan gelombang ultrsonik yang tidak dapoat didengar, bersifat langsung dan mudah difokuskan. Jarak suatu benda yang memanfaatkan delay

Gerak Hewan dalam Air

Gerak Hewan dalam Air Air memiliki kerapatan yang lebih besar dibandingkan udara. Air memiliki  gaya  angkat yang lebih besar dibandingkan udara. Tubuh hewan yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada lingkungannya. Gaya angkat air yang besar dan masa jenis hewan yang kecil menyebabkan hewan dapat melayang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi. Untuk lebih jelasnya, gaya akan kamu pelajari lebih lanjut pada  bagian gerak lurus dan gaya. Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk torpedo. Bentuk tubuh ini memungkinkan tubuh meliuk dari kiri ke kanan. Bentuk tubuh ikan umumnya berbentuk torpedo Bentuk tubuh ikan yang streamline berfungsi untuk mengurangi hambatan ketika bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air. Gerak dan bentuk tubuh ikan Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Berikut penjelasannya.

Gaya

PENGERTIAN GAYA Gaya adalah tarikan atau dorongan yang terjadi terhadap suatu benda. Gaya dapat menimbulkan perubahan posisi, gerak atau perubahan bentuk pada benda. SIFAT – SIFAT GAYA Gaya dapat mengubah arah gerak benda Gaya dapat mengubah bentuk benda Gaya dapat mengubah posisi benda dengan cara menggerakkan atau memindahkannya MACAM - MACAM GAYA a. Gaya Sentuh Gaya Sentuh adalah gaya yang bekerja dengan sentuhan. Artinya Suatu gaya akan menghasilkan efek apabila terjadi sentuhan dengan benda yang akan diberikan gaya tersebut.  Contohnya, ketika seseorang hendak memindahkan meja, maka ia harus menyentuh menja tersebut kemudian mendorongnya ke tempat tujuan. b. Gaya Tak Sentuh Gaya Tak Sentuh adalah gaya yang akan bekerja tanpa terjadinya sentuhan. Artinya Efek dari gaya yang dikeluarkan oleh sumber gaya tetap dapat dirasakan oleh benda walaupun mereka tidak bersentuhan.  Contohnya adalah Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi. JENIS GAYA  Secara Umum dike